AS Hikam: Rakyat Indonesia Harus Tolak Restorasi Otoriter Surya Paloh

Selasa, 22 Januari 2013, 16:12 WIB | Laporan: Zulhidayat Siregar

as hikam

RMOL.  Ketua DPW Partai Nasdem Jawa Barat Rustam Effendi kemarin petang diberitakan didatangi oleh lebih dari 50 preman yang memintanya untuk menandatangani surat dukungan Surya Paloh menjadi Ketua Umum DPP Partai Nasdem.

"Kalau informasi Rustam Effendi (RE), Ketua DPW NasDem Jabar sahih, maka tesis dasar saya mengenai partainya Surya Paloh (SP) itu makin terbukti," ujar pengamat politik senior AS Hikam (Selasa, 22/1).

AS Hikam mengaku pernah mengatakan bahwa Nasdem adalah partai politik baru yang menggunakan paradigma 'jadul' alias lama. Karena, disa jadi slogan 'restorasi' yang didengungkannya pun adalah restorasi atau pemulihan kembali paradigma dan sistem politik otoriter.

"Maka tidak mengherankan jika Nasdem sangat mengedepankan pendekatan dari atas dan menyirik perbedaan pendapat," ujarnya.

Makanya, bila Hary Tanoe mundur, pastinya anak buah dan pendukungnya akan disapu juga seperti yang dialami Rustam Effendi.

"Rakyat Indonesia sudah seharusnya menolak 'restorasi' sistem politik otoriter dan/atau pembentukan kembali rezim yang berparadigma sama. Reformasi dan demokratisasi harus terus berlanjut, bukan diputar kembali ke masa lalu," tegas mantan Menristek ini. [zul]

Kolom Komentar


loading