Nasdem: Pilkada Lewat DPRD Sama Demokratisnya dengan Pilkada Langsung

Sabtu, 05 Oktober 2013, 16:24 WIB | Laporan: Aldi Gultom

siti nurbaya/net

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) langsung oleh masyarakat sebenarnya memiliki nilai demokratis yang sama dengan Pilkada yang dilakukan melalui DPRD.  Lagipula, Pasal 18 UUD 1945 hanya menegaskan bahwa Gubernur, Bupati, and Walikota masing-masing sebagai kepala pemerintah daerah provinsi, kabupaten, dan kota dipilih secara demokratis.

"Kita sudah tahu ekses berat dari Pilkada langsung. Dan harapan diletakkan kepada sistem lain yaitu melalui DPRD. Ketua Umum DPP Partai Nasdem Surya Paloh memilki justifikasi yang kuat untuk usulan tersebut (Pilkada lewat DPRD)," ujar Ketua DPP Partai Nasdem bidang Otonomi Daerah, Siti Nurbaya, kepada wartawan, Sabtu (5/10).

Pilihan Pilkada melalui DPRD ini ibarat sistem "Electoral College" yaitu suatu badan yang mendapat mandat dari rakyat untuk memilih kepala  daerah. Tentu saja ada unsur syarat-syarat agar Pilkada melalui DPRD secara demokratis, yaitu  dengan kejelasan metode partai dalam menetapkan calon yang dikirim untuk dipilih DPRD.

Caranya antara lain mandat partai yang diberikan kepada calon dengan didahului seleksi atau kesepakatan partai atau konvensi. Di dalam konvensi bisa ditegaskan berbagai syarat calon sesuai UU dan tentu saja syarat-syarat moral yang secara khusus ingin dan perlu ditegaskan oleh partai.  

"Dan Partai Nasdem sangat jelas dan mempertegas soal syarat moral bagi kepemimpinan di berbagai strata, termasuk kepala daerah. Berkali-kali dalam pembekalan diklat kader, Ketua Umum menegaskan keutamaan soal kejujuran dalam menyandang dan menjalankan tugas," jelas Siti. [ald]
Editor: Aldi Gultom

Kolom Komentar


Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019