Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Suasana Kediaman HB Paliudju di Palu Tampak Sunyi

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Kamis, 11 Desember 2014, 01:44 WIB
Suasana Kediaman HB Paliudju di Palu Tampak Sunyi
rmol news logo Sejak sang pemilik ditahan Tim Penyidik Tindak Pidana Korupsi Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah di Rutan Maesa, kediaman Mayjen TNI (Purn) HB Paliudju di Jalan Padang Jakaya, Kelurahan Pengawu, Kecamatan Tatanga, Kota Palu, terpantau sepi pada Rabu (10/12).

Rumah dari mantan Gubernur Sulawesi Tengah ini terbilang besar dan mewah, dengan pintu gerbang megah dan halaman cukup luas. Rumah ini diketahui sudah beberapa kali mengalami renovasi.

Dari beberapa warga di sekitar lokasi, Kantor Berita Politik RMOL menerima informasi bahwa kediaman mewah itu hanya terlihat ramai saat HB Paliudju masih aktif menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Tengah beberapa tahun lalu (periode kedua tahun 2006-2011). Setelah itu, kediaman terlihat sepi. Apalagi, anak-anak dari HB Paliudju sudah berpencar membangun rumah tangga. Ada yang ikut suami bertugas sebagai Pamen TNI AD dan bertugas di luar Sulawesi Tengah.

Sebagian warga sekitar kediaman HB Paliudju sudah mengetahui bahwa mantan Gubernur mereka itu ditahan di Rutan Maesa Palu oleh penyidik Kejaksaan Tinggi Sulawesi Tengah pada Selasa sore (9/12). Mereka mengaku mengetahui penahanan itu lewat berita media cetak dan elektronik. Beberapa warga menyatakan keprihatinannya atas masalah yang dihadapi mantan pejabat penting itu.
 
Sebelum menjabat Gubernur Sulawesi Tengah menggantikan HA Lamadjido SH, Mayjen TNI (Purn) HB Paliudju adalah mantan Bupati Donggala dan Ketua DPD Golkar Sulawesi Tengah. Setelah itu ia digantikan oleh Prof H Aminuddin Ponulele. Ketika Pilgub Sulawesi Tengah dilakukan secara langsung, tahun 2006-2011, HB Paliudju terpilih kembali menjabat Gubernur Sulawesi Tengah untuk periode kedua.
 
Ketika masa jabatan yang kedua berakhir tahun 2011, HB Paliudju menggugat Undang-Undang Pilgub melalui Mahkamah Konstitusi. Langkah itu disebabkan niatnya mencalonkan diri kembali dalam Pilgub tahun 2011. Namun gugatan itu ditolak MK.

Putusan MK itu tidak memupuskan harapan HB Paliudju untuk tetap maju dalam Pilgub Sulawesi Tengah tahun 2011. Dengan  posisi sebagai calon Wakil Gubernur, HB Paliudju mengandeng H Rendy Lamadjido yang merupakan politisi PDI Perjuangan sebagai calon Gubernur dalam Pilgub Tahun 2011. Namun hasilnya mereka kalah. Dan, yang terpilih adalah pasangan H Longki Djanggola-H Sudarto yang kini menjabat Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Tengah periode tahun 2011-2016.
 
Dalam karir militer, Mayjen TNI (Purn) HB Paliudju adalah tamatan Secapa TNI AD dengan pangkat Kapten TNI AD, sempat menjabat Kasie Intel Korem 132 Tadulako, kemudian dengan pangkat Mayor TNI AD menjabat Kasdim Donggala setelah itu dengan pangkat Letnan Kolonel dipercayakan menjabat Dandim Luwuk Banggai.

Kemudian pangkatnya naik menjadi Kolonel saat menjabat Ketua DPD Golkar. Pangkatnya menjadi Brigadir Jenderal dan kemudian menjadi Mayor Jenderal saat Jenderal Faisal Tanjung menjabat Panglima ABRI. [ald]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA