Anggota Dewan Pers Mendatang Harus Perjuangkan Media Digital

foto: net

. Forum Pimpinan Media Digital mengusulkan agar calon anggota Dewan Pers masa bakti 2016-2019 berasal dari tigas unsur. Wartawan, pimpinan perusahaan pers, dan tokoh masyarakat. Diketahui, anggota Dewan Pers yang sekarang akan habis waktunya di bulan Februari 2016.

Ketua Umum Pimpinan Media Digital, S.S Budi Rahardjo mengatakan pihaknya berharap anggota Dewan Pers di masa datang adalah orang yang mengerti dan memperjuangkan media digital. Pasalnya, media digital saat ini masih dianggap anak bawang atau anak tiri yang kurang diperhatikan. Sementara realitasnya, media tradisional mulai beralih dan melebarkan pola bisnisnya ke media digital.

Di Dewan Pers sendiri, misalnya, lanjut Budi, untuk webnya saja sudah ketinggalan jaman. "Contohnya saja, website Dewan Pers tidak up to date data wartawan yang sudah ikut kompetensi," kritiknya.

Forum Pimpinan Media Digital melihat Dewan Pers merupakan institusi yang kerap menjadi penengah atau terkadang menjadi mediator tatkala unsur pers bersinggungan dengan pihak-pihak lain. Namun, masih belum mau mengurusi dan membantu mencari jalan keluar untuk masalah dan SDM media digital.

Untuk itu, Forum Pimpinan Media Digital ingin sosok anggota Dewan Pers di era teknologi internet, dimana arus informasi memungkinkan setiap orang menjadi konsumen dan produsen informasi. Perubahan dramatis pola komunikasi manusia ini perlu disikapi oleh Dewan Pers yang berisikan orang yang ikut mengedepankan potensi media digital.

"Eksistensi media digital perlu diperhitungkan di era saat ini. Dewan Pers perlu mempunyai sosok yang mengerti apa itu media digital, bukan hanya kepentingan publik dan pers pada umumnya," ujar Budi.

"Orang yang mengerti dan mau memperjuangkan eksistensi media digital itu yang akan kami calonkan," tukas dia menambahkan.

Senin kemarin (30/11), Ketua Umum Pimpinan Media Digital, S.S Budi Rahardjo menyerahkan nama calon-calon kandidat kepada Ketua Badan Pekerja Pemilihan Anggota (BPPA) Dewan Pers 2016-2019, Wina Armada, di Gedung Dewan Pers Lantai 7, Jl. Kebon Sirih No. 32 Jakarta Pusat.

Usulan lisan itu, oleh Wina ditanggapi dengan baik. Wina Armada meminta Forum Pimpinan Media Digital secara resmi mengajukan nama yang dicalonkan kepada Sekretariat BPPA Dewan Pers.

"Kami tunggu, sampai tanggal 3 Desember 2015, untuk mengajukan nama dan syarat-syaratnya. Jadi, ayo siapa. Kalau mendukung orang atau tokoh, harus dengan asas legalilitas juga. Formil," demikian mantan anggota Dewan Pers ini. [rus]

Komentar


Video

Rekaman CCTV Anggota Brimob Tewas Dikeroyok

Senin, 19 April 2021
Video

Obrolan Bareng Bang Ruslan • Reshuffle Kabinet Dan Koalisi 2024

Selasa, 20 April 2021
Video

Rekaman CCTV Kecelakaan Di Cileungsi, Mobil Box Parkir Ditabrak Mobil Box

Selasa, 20 April 2021