Klaim Reklamasi Didukung Masyarakat Cuma Bohong Belaka!

Selasa, 01 Desember 2015, 16:55 WIB | Laporan: Ade Mulyana
Klaim PT Muara Wisesa Samudera bahwa proyek reklamasi pulau G didukung masyarakat rupanya tak sesuai kenyataan. Buktinya, tak sedikit warga Muara Angke, Jakarta Utara, menolak reklamasi.

Besok (Rabu, 2/12), warga Muara Angke akan menggelar deklarasi menolak reklamasi. Tak kurang dari 1000 tokoh dan masyarakat Muara Angke akan terlibat dalam deklarasi.

Dari undangan yang disebar ke media, deklarasi rencananya akan dilakukan di lapangan sepakbola Muara Angke. Setelah deklarasi mereka akan melakukan long march menuju Mall Green Bay.

‎"Sejak dimulainya gugatan reklamasi oleh nelayan tradisional skala kecil dan masyarakat pesisir, muncul klaim bahwa proyek reklamasi diterima 80% masyarakat Muara Angke. Namun apakah hal tersebut valid?" demikian tertulis dalam undangan atas nama Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta.

"Setelah dipastikan, tidak pernah ada konsultasi publik kepada masyarakat atas dengan proyek reklamasi yang terdampak kepada mereka. Bahkan dalam fakta persidangan Tergugat tidak dapat menunjukkan Izin Lingkungan yang diwajibkan untuk diumumkan kepada publik."

‎Deklarasi 1000 rakyat Muara Angke akan digelar pukul 13.00. Adapun Koalisi Selamatkan Teluk Jakarta terdiri dari Kesatuan Nelayan Tradisional Indonesia (KNTI) Jakarta, Koalisi Rakyat untuk Keadilan Perikanan (KIARA),  Indonesian Center for Environmental Law (ICEL), Indonesian Human Rights Committee for Social Justice (IHCS), Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Jakarta.

Lalu, Lembaga Bantuan Hukum Masyarakat (LBH) Masyarakat, Perhimpunan Bantuan Hukum dan Hak Asasi Manusia (PBHI) Jakarta, Solidaritas Perempuan Jabotabek, dan Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) Jakarta‎.[dem]
Editor: Ade Mulyana
Tag:

Kolom Komentar


loading