Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Menaker Dukung Rencana Inkopar Sediakan Rumah Pekerja

Rabu, 11 Juli 2018, 00:25 WIB
Menaker Dukung Rencana Inkopar Sediakan Rumah Pekerja
Foto : Kemnaker
rmol news logo . Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) M Hanif Dhakiri menyambut baik ide Induk Koperasi Karyawan (Inkopkar) yang berencana menyediakan rumah dan kebutuhan pokok terjangkau bagi pekerja anggota koperasi karyawan.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

"Tentu ini menjadi suatu berita baik agar pekerja-pekerja juga mendapat kemudahan dalam memperoleh rumah karena ketersediaan tanah terbatas dan harga rumah yang mahal," kata Menaker Hanif saat menerima audiensi pengurus Inkopkar di Jakarta, Selasa (10/7/2018).

Menaker Hanif mengatakan akan mengkoordinasikan ide Inkopkar tersebut dengan BPJS Ketenagakerjaan mengingat BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki program penyediaan rumah bagi pekerja.

"Tapi memang perlu ada koordinasi antara Inkopkar ini dengan BPJS Ketenagakerjaan yang juga memiliki program penyediaan rumah bagi pekerja sehingga bisa terjalin harmonisasi di antara keduanya," ujar Menaker Hanif.

Sementara itu, Ketua Umum (Ketum) Inkopkar, Fadel Muhammad, mengungkapkan Inkopkar ingin berpatisipasi membantu program 1 juta rumah setiap tahun yang dicanangkan pemerintahan Joko Widodo dengan menyediakan rumah terjangkau bagi pekerja.

"Target pemerintah 5 juta rumah dalam lima tahun. Nah bagaimana kita mengambil peran di situ. Sampai saat ini kita memiliki tanah di Jawa Timur sekitar 24 hektar dan di DKI Jakarta ada 13 hektar. Rencananya kami akan membangun rumah bagi pekerja di sana," ujar Fadel.

Fadel melanjutkan, selain menyediakan rumah, Inkopkar juga berencana menyediakan bahan baku kebutuhan pokok terjangkau bagi pekerja.

Pasalnya, selain rumah, ketersediaan bahan  baku pokok yang terjangkau merupakan salah satu faktor yang dapat menjamin kesejahteraan pekerja.

"Kita hanya bisa mengangkat kesejahteraan kalau kita bisa menyediakan kebutuhan pekerja yang terjangkau. Kita berjuang bagaimana mendapatkan barang dengan harga yang murah," ungkap Fadel.

Inkopkar adalah organisasi induk dari Pusat Koperasi Karyawan (Puskopkar) yang ada di 23 provinsi di Indonesia. Saat ini ada sekitar 20 juta anggota koperasi karyawan di Indonesia. [dzk]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA