Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kementan Ekspor Kopi 15 Ton Ke Taiwan

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Jumat, 13 Juli 2018, 23:28 WIB
Kementan Ekspor Kopi 15 Ton Ke Taiwan
Foto: Humas Kementan
rmol news logo Indonesia untuk kali pertama mengekspor kopi ke Taiwan. Demikian dikatakan oleh Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hasil Perkebunan Kementerian Pertanian Kementerian Pertanian Dedi Junaedi, Jumat (13/7).

“Ekspor perdana ke Taiwan sebesar 15 ton ini berasal dari kelompok tani binaan Kopi Asli Urang Garut (KASUGA),” ujarnya.

Kata Dedi tak hanya Taiwan, kopi asal tanah air juga dilirik oleh Ukraina. Kopi sendiri merupakan komoditas startegis dan yang telah menjadi prioritas Kementan. Namun dalam hal dana yang dikeluarkan dari APBN terbilang kecil, sehingga perlu adanya himpunan dana dari setiap kelompok tani dan juga pelaku usaha.

Pemerintah pusat akan membuat sistem perekonomian yang terlembaga, dalam hal ini petani dapat bergabung dengan kelompok tani dan dapat membangun koperasi.

“Program ini akan digali dan didorong, pemerintah sangat mendukung karena tugas pemerintah membuat ekonomi yang berlembaga,” jelasnya.

“Untuk perdana ini baru 15 ton untuk ke depan sudah ada beberapa negara untuk dilakukan ekspor ada 7 ton, 40 ton semoga kita dapat memenuhi akses dan berkelanjutan,” lanjutnya lagi.

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Kelompok Binaan KASUGA Christian mengTakan ekspor perdana ini berhasil berkat kerja sama petani dan pemerintah.

“Terima kasih kepada dinas terkait  yang telah memberikan dukungan untuk dapat ekspor kopi petani. Hal tersebut, juga dapat memajukan perkebunan kopi petani kab. Garut,” pungkasnya. [ian]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA