Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Kemnaker Minta Alumni Pemagangan Jepang Bantu Cetak Wirausaha

Sabtu, 13 Oktober 2018, 20:13 WIB
Kemnaker Minta Alumni Pemagangan Jepang Bantu Cetak Wirausaha
Asep Gunawan/Kemnaker
rmol news logo Kementerian Ketenagakerjaan mengajak para alumni pemagangan Jepang yang tergabung dalam  Ikatan Pengusaha Kenshusei Indonesia (IKAPEKSI) ikut membantu pemerintah mencari terobosan baru dan memotivasi pekerja Indonesia menjadi wirausaha.
Selamat Menunaikan Ibadah Puasa

Keberadaan wirausaha baru dibutuhkan untuk mewujudkan target  Indonesia yang diprediksi menjadi negara maju dan negara peringkat ketujuh dunia sebagai pelaku ekonomi pada tahun 2030.

"Nah, persyaratannya untuk menjadi rangking ketujuh dan negara maju, pelaku usaha atau wirausahanya  minimal harus ada 3 persen dari jumlah penduduk," kata Direktur Bina Pemagangan Asep Gunawan mewakili Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Bambang Satrio Lelono  saat membuka Musyawarah Besar II IKAPEKSI Indonesia tahun 2018  di Bandung, Jawa Barat, Sabtu (13/10).

Asep Gunawan mengungkapkan hingga saat ini Indonesia baru memiliki pelaku wirausaha sebanyak 1,8 persen dari total jumlah penduduk Indonesia sekitar 265 juta jiwa. Jadi masih ada 1,2 persen yang harus diperjuangkan Kemnaker agar angkatan kerja Indonesia lebih banyak menjadi enterpreneur daripada yang ingin bekerja.

Peranan Ikapeksi juga diharapkan ikut membantu meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

"Kami harap ke depan agar ada sinergitas Kemnaker dengan Ikapeksi. Karena di Direktorat Produktivitas ada program-progran kewirausahaan sangat nyambung dengan Ikapeksi dalam rangka membina dan mencetak wirausaha," kata Asep

Asep berharap nantinya Ketua Ikapeksi terpilih  bisa melakukan pemetaan dalam rangka pembinaan kewirausahaan dalam rangka meningkatkan produktivitas dan meningkatkan daya saing tenaga kerja Indonesia.

"Harap Ketua baru dapat mempertahan apa yang sudah dikerjakan dengan baik ketua lama dan dapat menciptakan terobosan dalam rangka percepatan kompetensi baik dari sisi enterpreneurship maupun peningkatan kompetensi," ujar Asep Gunawan.

Ketua Ikapeksi Indonesia Heri Mulyono berharap Mubes II Ikapeksi Indonesia di Bandung bertema "Membentuk Kepengurusan yang Solid dan Produktif" dapat menjadi momentum bagi Ikapeksi Indonesia agar ke depan semakin besar, solid, bermartabat, produktif dan bersatu membangun negeri.

"Para pengusaha yang tergabung dalam Ikapeksi juga diharapkan berperan dalam membimbing adik-adik alumni magang Jepang lainnya bisa menjadi mitra kemnaker dalam rangka percepatan peningkatan kompetensi melalui enterpreneurship," kata Heri. [dzk]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA