Turisme Opium

Sabtu, 29 Desember 2018, 06:24 WIB | Oleh: Jaya Suprana

Taman Segitiga Emas/Net

HARUS diakui bahwa industri pariwisata Thailand memang kreatif sehingga sukses memosisikan Thailand sebagai negara ASEAN yang paling banyak dikunjungi wisatawan mancanegara.

Segitiga Emas

Bukti kedigdyaan kreatifitas industri turisme Thailand adalah pemanfaatan kawasan Saam Liam Thong Kham yang populer dengan sebutan Segitiga Emas di Provinsi Chiang Rai sebagai destinasi pariwisata laris manis.

Segitiga Emas sebagai kawasan di mana secara turun-menurun para petani menanam ganja terletak pada segitiga perbatasan tiga negara: Laos, Myanmar dan Thailand.

Lazimnya para turis berkunjung dengan menggunakan bus dengan pemandu resmi.

Mereka yang berkunjung secara individual dapat menggunakan songthaew biru dari Mae Sai sampai ke Chiang Saen pulang pergi atau minivan hijau dari terminal bus Chiang Rai ke Kawasan Segitiga Emas.

Para wisatawan dapat pula menggunakan perahu bermotor sepanjang sungai Mekong dari Chiang Sen dan Chiang Khong untuk menikmati pemandangan alam  Segitiga Emas.

Hall of Opium

Atraksi utama turisme opium adalah Hall of Opium di kawasan Taman Segitiga Emas di Ban Sop Ruak, Tambon Wiang yang merupakan sebuah museum menampilkan sejarah opium di seluruh dunia mau pun di Thailand tanpa lupa berkisah tentang bahaya menghirup asap opium serta kampanye membasmi opium sampai ke manfaat ganja apabila digunakan secara benar dilengkapi informasi tentang subsitut pengganti opium.

Pada hakikatnya Hall of Opium merupakan suatu lembaga edutaintment (mendidik sambil menghibur) yang bahkan dilengkapi sebuah kebun tanaman ganja. Tidak jauh dari Hall of Opium terdapat pula House of Opium yang lebih fokus pada teknik proses pengolahan opium mulai dari pembibitan sampai produksi produk siap pakai.

Komprehensif

Turisme opium di Segitiga Emas didukung infra struktur cukup komprehensif dalam hal transpor, keamanan, konsumsi sampai akomodasi para wisatawan.

Di pedesaan tersedia penginapan sederhana "home stay" di rumah penduduk demi memberi kesempatan para wisatawan merasakan suasana kehidupan masyarakat tradisional setempat.

Sementara akomodasi super mewah hotel bintang lima tersedia di Anantara Golden Triangle Resort & Spa yang terletak di seberang Hall of Opium.

Lalu masih ada sang grandluxuryhotel Four Seasons Tented Camp Golden Triangle yang bahkan sempat dinobatkan oleh Conde Naste Traveller sebagai hotel terkeren di planet bumi masa kini, di mana kaum crazy rich bisa mengobral puluhan juta rupiah untuk bermalam satu malam lengkap makan pagi, siang, malam sampai pengalaman naik gajah dan guided tour di kawasan Segitiga Emas untuk mengenal lebih dekat apa yang disebut sebagai opium. [***]

Penulis adalah pembelajar kebudayaan dunia.

Kolom Komentar


Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019