Digdaya Rakyat Cheran

Jumat, 18 Januari 2019, 06:43 WIB | Oleh: Jaya Suprana

Foto: Net

SEPERTI negara-negara penganut paham demokrasi pada umumnya, secara berkala Meksiko sibuk menyelenggarakan pemilihan umum demi memilih presiden, kepala daerah, walikota dan anggota dewan perwakilan rakyat .

Di seluruh pelosok Meksiko, para partai politik sibuk menyelenggarakan kampanye merayu rakyat agar memilih para calon yang dijagokan para parpol masing-masing, kecuali di Cheran.

Michoacan

Cherán adalah sebuah kota kecil  terletak di bagian barat laut negara bagian Michoacán, sekitar 360 km barat Mexico City dan sekitar 123 km (76 mil) barat ibukota negara bagian Morelia.  

Localidad (kota) Cherán secara resmi memiliki populasi 12.616, termasuk 5.827 pria dan 6.787 wanita.

Sejak akhir dasawarsa pertama abad XXI, masyarakat Cheran tersiksa oleh angkara murka kriminalitas, perusakan hutan serta perdagangan narkoba dilindungi para politisi serta polisi korup setempat.  

Akhirnya pada 15 April 2011, masyarakat Cheran mengusir semua politisi dan kader parpol akibat sudah tidak tahan atas sepak terjang para politisi merusak ketertiban, ketenteraman, kemakmuran kota Cheran.  

Tatalaksana kepemerintahan kota Cheran diambil alih oleh  sebuah dewan kota terdiri dari 12 warga yang dipilih secara musyawarah mufakat langsung oleh rakyat tanpa campur tangan parpol dan disahkan secara konstitusional oleh Mahkamah Agung Meksiko.  

Demokrasi

Pemerintahan otonom oleh rakyat untuk rakyat tanpa parpol segera melaksanakan gerakan menertibkan hukum serta menanam ribuan pohon.

Menurut Guardian, demokrasi a la Cherán merupakan suatu gerakan “civil disobedience” sebagai "solusi sederhana untuk menanggulangi pembelian suara serta kejahatan politik yang merusak demokrasi Meksiko."

Digdaya rakyat Cheran menurut seorang aktivis komunitas setempat, tidak hanya menyelamatkan hutan, tetapi juga membawa kedamaian bagi kehidupan masyarakat Cheran.

Pada tahun 2017 , kota Cheran memiliki tingkat kriminal terendah di seluruh negara bagian Michoacán dan bahkan mungkin di seluruh negara Meksiko. Para petugas parpol yang ingin berkampanye di Cheran pada masa pemilu Meksiko harus siap diusir oleh para warga Cheran yang benar-benar alergi terhadap ulah politik terbukti menghadirkan mudarat ketimbang manfaat.

Fakta digdaya rakyat yang hadir sejak 2011 di Cheran merupakan bukti nyata tak terbantahkan bukan hanya bagi Meksiko namun juga seluruh dunia bahwa demokrasi secara sejati oleh rakyat untuk rakyat tanpa campur tangan partai politik sebenarnya bukan sesuatu yang mustahil untuk diwujudkan menjadi kenyataan.

Penulis adalah pembelajar demokrasi
Editor: Sukardjito

Kolom Komentar


Video

Jokowi Jangan Beli Kucing Dalam Karung

Kamis, 11 Juli 2019
Video

Lebih Baik Prabowo Mati Daripada Berkhianat

Jumat, 12 Juli 2019
Video

Kemesraan Jokowi-Prabowo Belum Berlalu

Senin, 15 Juli 2019