Hegemoni Meriam Muda

Arsenal Menjuarai Emirates Cup 2010

Selasa, 03 Agustus 2010, 04:32 WIB
Jakarta, RMOL.

Keberhasilan menjuarai Piala Emirates 2010 dilihat manajer Arsenal, Arsene Wenger sebagai kemajuan pesat skuad mudanya.

Arsenal memang menu­run­kan banyak pemain belianya  di Pia­la Emirates ini. Di laga pertama, Young Gunners hanya bermain imbang 1-1 kala menghadapi AC Milan.

Namun, di pertandingan kedua yang digelar dini hari kemarin WIB, Fabregas Cs akhirnya bisa mengamankan gelar juara setelah menaklukkan Glasgow Celtic dengan skor 3-2. Carlos Ve­la membuat gol perdana Ar­se­nal di menit ketiga. Disusul gol Ba­cary Sagna di menit ke-45. “Me­riam London” sukses mem­per­besar keunggulan mereka melalui gol Samir Nasri di menit ke-51.

Unggul tiga gol, membuat per­tahanan Arsenal lengah. Aki­bat­nya, Celtic bisa memperkecil ke­ter­tinggalan dua gol melalui kaki Daryl Murphy di menit ke-73 dan Ki Sung-Yong 10 menit ke­mudian. Hingga akhir laga, Cel­tic terus menyerang untuk me­ngejar gol ketiga. Sayang, usaha tim besutan Neil Lennon itu sia-sia.

Dengan hasil ini, Arsenal ko­koh di puncak klasemen dengan de­lapan poin. Empat poin ber­asal dari dua pertandingan, ditambah em­pat poin lagi dari gol yang me­reka ciptakan. Perlu dike­ta­hui, setiap gol yang terjadi di Emirates Cup dihitung satu poin.

Kendati ini hanya turnamen kecil, namun Wenger mengaku se­nang karena para pemain mu­danya menunjukkan kemajuan yang luar biasa. “Saya pikir ini akhir pekan yang positif karena ka­mi tak punya pemain dengan cedera parah dan bermain cukup bagus. Kami melihat dua pemain ba­ru dan beberapa pemain mu­da,” cetus Wenger di Sky Sports.

Jack Wilshere adalah salah satu pemain yang dilihat Wenger mengalami kemajuan pesat. Gelandang 18 tahun yang sem­pat dipinjamkan ke Bolton Wan­derers itu tampil apik dalam laga kontra Celtic.

Kerjasamanya dengan Theo Wal­cott membuahkan gol per­tama Arsenal yang dibuat Vela. Sang Manajer pun tak menutup kemungkinan Wilshere akan bisa masuk dalam skuad utama tim­nya musim mendatang, mes­ki itu diakuinya akan sulit.

“Semuanya tergantung dia. Sa­ya percaya dia telah me­la­ku­kan dengan baik di dua per­tan­dingan sebelumnya, dia telah me­nunjukkan permainan untuk level seperti ini saat dia menye­bab­kan penalti,” kata manajer ber­usia 60 tahun tersebut.

“Tapi secara keseluruhan kon­tribusinya sangat positif. Ada kompetisi di sana (skuad utama) dan tak ada jaminan tempat buat Wilshere atau pemain lain. Se­mua tergantung performa,” lanjut Wenger.

Arsenal telah menjuarai Piala Emirates tiga kali. Yang pertama di tahun 2007 dan kedua pada tahun 2009.

[RM]

Kolom Komentar


loading